Komunikasi, Kunci Utama untuk Jauhkan Anak dari Narkoba

Kamis, 15 Desember 2016 - 15:22 WIB
Komunikasi, Kunci Utama...
Komunikasi, Kunci Utama untuk Jauhkan Anak dari Narkoba
A A A
JAKARTA - Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang seharusnya menjadi musuh setiap orang. Namun, kini nampaknya narkoba semakin merajalela dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai usia dan kalangan. Bahkan, anak-anak pun tak jarang yang menjadi korban. Menurut seorang psikolog anak dan remaja, Samanta Ananta, salah satu cara utama untuk menghindari narkoba menyerang anak-anak adalah dengan komunikasi terbuka yang dilakukan antara orang tua dan anak-anak.

“Ada pola informasi yang terbuka. Kadang orang tua suka nggak mau anaknya nanya lebih dalam lagi karena bingung jawabnya harus bagaimana. Itu problematikanya. Jadi misalnya di rumah anak cerita, ‘ma, tadi temen aku bawa permen tapi permennya nggak dijual di supermarket’,” jelas Samanta kepada Sindonews beberapa waktu lalu.

Samanta melanjutkan, apabila orang tuanya perhatian akan mempertanyakan lebih lanjut kepada anaknya. “Nah, kalau orang tua yang concern akan nanya, ‘permennya seperti apa? Mama mau dong lihat, kamu ada fotonya nggak?’. Ibu akan cek itu bener permen atau narkoba. Nah, orang tua seperti itu cenderung anaknya akan kepegang, karena anak akan diarahkan untuk menjauhi narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut Samanta menjelaskan bahwa bagi orang tua yang tidak sabar untuk menanyakan lebih lanjut kepada anak-anak mereka mengenai permen atau sesuatu yang mereka temui maka anak-anak cenderung akan menyembunyikan cerita dan berinisiatif untuk mencoba sendiri. Karena pada dasarnya anak di usia praremaja dan remaja memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi akan segala sesuatu.

“Kalau orang tua yang langsung, ‘kamu nggak boleh ya’ dan sebagainya, jadi nggak digali lebih dalam lagi informasinya. Nah, itu yang membuat anak-anak dengan mudahnya, ‘ya sudahlah orang tua gue juga nggak welcome, gue cobain aja’ karena mereka ingin tahu. Apalagi narkoba itu kan membuat efek happy ya untuk pemakainya,” pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)